Universitas Gunadarma Luncurkan Perahu dan Sepeda Amfibi Listrik

0
Universitas Gunadarma Luncurkan EV Perahu dan EV Sepeda Amfibi
Universitas Gunadarma Luncurkan EV Perahu dan EV Sepeda Amfibi. Foto: UG

NaikMotor – Kolaborasi Universitas Gunadarma (UG) dan Kartanagari Group hadirkan inovasi baru berupa purwarupa perahu listrik dan sepeda listrik amfibi.

Sebuah langkah revolusioner dengan menggabungkan teknologi canggih dan kehandalan, juga komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan. Sebelumnya UG dan Kartanagari sudah meluncurkan Mobil Konversi Listrik pada tahun 2023. Kini di tahun 2024, dua inovasi berupa wahana air inovatif diluncurkan.

Peluncuran dan ujicoba dua wahana rekreasi air dilaksanakan di zona danau dan pulau di UG Technopark di Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur. Inovasi terbaru dari UG tersebut dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia pada tanggal 22 Maret 2024.

Universitas Gunadarma Luncurkan EV Perahu dan EV Sepeda AmfibiPeluncuran secara resmi dilakukan oleh Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti, SE, MM. Turut pula dihadiri tim kolaborasi UG dan Kartanagari Group yang dipimpin Dr. Tubagus Maulana Kusuma, MEngSc.

Rektor UG menamakan perahu listrik dengan UG ELBO (Electric Boat) yang menawarkan konsep solusi ramah lingkungan. Yang mana perahu akan menjelajahi perairan sungai dan danau tanpa meninggalkan jejak karbon.

Direktur Utama Kartanagari Group Priyo Jatmiko menyebutkan UG ELBO dirancang dengan teknologi terbaru, memberikan pengalaman yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan. Perahu tersebut juga menggunakan panel surya sebagai sumber listrik dan baterai lithium ferophosphate (LFP).

Perahu dibekali panel surya flexible dengan kapasitas 680 watt (peak), baterai LFP dengan kapasitas 4.224 watt hours, dan motor listrik dengan daya 2.200 watt. UG ELBO juga dibekali dengan charger 220volt AC untuk pengisi daya baterainya. Direktur Pemasaran Kartanagari Grup Aji Nara Kusuma menyebutkan beberapa Keunggulan UG ELBO.

Baca Juga: Hasil Practice MotoGP Portugal:10 Pembalap Lolos ke Q2, Bestia Tercepat

Universitas Gunadarma Luncurkan EV Perahu dan EV Sepeda Amfibi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here