Sudah Hadir di 14 Negara, Begini Proses Produksi Pelumas Pertamina Lubricants

0

Menurut Manajer PUJ, Dody Arief Aditya ada empat tahapan produksi pelumas di pabriknya. “ Proses yang pertama adalah penerimaan bahan baku berupa base oil yang juga disuplau oleh kilang Pertamina, jadi secara keamanan suplainya telah terjamin. Material kedua adalah aditif di mana ada lebih dari 100 jenis aditif yang menyusun produk-produk Pertamina. Yang membedakan antara satu produk dengan lainnya adalah komposisi base oil dan aditifnya, kalau teknologinya sama,” beber Dody.

Tahapan selanjutnya adalah material kemasan yang terdiri dari beberapa jenis  yakni drum, botol dan curah. Kemasan ini kemudian dimasukan ke dalam gudang penyimpanan termasuk base oil dan aditif.

“ Proses ketiga adalah yang krusial yakni blending pencampuran dan aditif sesuai dengan formula yang sudah ditetapkan oleh product development. Inilah proses produksi pelumas sebenarnya, jadi seberapa akurat bisa memenuhi formula tersebut tanpa terkontaminasi dengan debu, air dan lainnya. Blending adalah kunci proses produksi. Setelah dinyatakan oke oleh tim laboratorium bahwa produk yang diblending on spec, dilanjutkan proses berikutnya yakni filling atau memasukin produk ke dalam kemasan,” jelas Dody.

LEAVE A REPLY