Dirjen EBTKE Resmikan Laboratorium Pengujian Motor Listrik dan Bengkel Konversi Tipe A

0
Dirjen EBTKE Resmikan Laboratorium Pengujian Motor Listrik dan Bengkel Konversi Tipe A
Dirjen EBTKE meresmikan Lab Pengujian dan Bengkel Konversi Motor Listrik tipe A. Foto: esdm.go.id

“Sebagai salah satu Badan Layanan Umum sekaligus unit teknis di bawah Ditjen EBTKE Kementerian ESDM. BBSP KEBTKE hadir untuk memberikan layanan jasa pengoperasian Laboratorium Pengujian Motor Listrik dan Bengkel Konversi Type A,” lanjut Yudo.

Kepala BBSP-KEBTKE Senda Hurmuzan Kanan menambahkan, BBSP KEBTKE telah memiliki pengalaman dalam konversi motor BBM ke motor listrik. Sejak 2021 dan hingga kini BBSP KEBTKE telah berhasil mengonversi sebanyak 146 motor BBM ke motor listrik. “Kehadiran Laboratorium Pengujian dan Bengkel Konversi Tipe A akan meningkatkan bentuk layanan BBSP KEBTKE kepada masyarakat dalam membentuk ekosistem KBLBB,” ujar Senda.

Laboratorium Pengujian yang diresmikan ini akan melakukan pengujian terhadap layak jalan untuk memastikan aspek keselamatan terpenuhi. Diantaranya yaitu pengujian lampu utama, klakson, rem, bobot, konstruksi, speedometer dan keselamatan fungsional. Pengujian juga meliputi perlindungan terhadap sengatan listrik. Seperti, perlindungan kontak langsung, perlindungan kontak tidak langsung, hambatan isolasi dan perlindungan terhadap air.

Sedangkan Bengkel Konversi Tipe A mempunyai fungsi mengkonversi sepeda motor, mengajukan permohonan pengujian sepeda motor hasil konversi. Juga, melakukan kendali mutu (quality control) terhadap Sepeda Motor hasil Konversi yang telah memiliki Surat Uji Tipe (SUT) konversi berdasarkan pengujian per tipe.

“Dengan peresmian ini, Indonesia telah memiliki 3 (tiga) bengkel konversi Tipe A. Yaitu Bengkel Konversi Balai Pengujian Laik Jalan & Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Kementerian Perhubungan, dan Bengkel Konversi Bintang Racing Team (BRT). Semoga diresmikan bengkel diharapakan dapat memepercepat pembentukan ekosstem kendaraan listrik sehingga terwujud energi bersih,” tutup Senda. (Alvito/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here