Dirjen EBTKE Resmikan Laboratorium Pengujian Motor Listrik dan Bengkel Konversi Tipe A

0
Konversi Sepeda Motor Listrik akan Dipermudah
Dirjen EBTKE meresmikan Lab Pengujian dan Bengkel Konversi Motor Listrik tipe A. Foto: esdm.go.id

NaikMotor – Dirjen EBTKE meresmikan laboratorium pengujuan motor listrik dan bengkel konversi Tipe A, suatu wujud nyata mendukung program percepatan konversi kendaraan.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Yudo Dwinanda Priaadi. Bersama Senda Hurmuzan Kanan, selaku Kepala Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (BBSP KEBTKE). Meresmikan Laboratorium Pengujian Motor Listrik dan Bengkel Konversi Tipe A di BBSP-KEBTKE, Cipulir, Jakarta pada (24/11/23).

Diharapkan melalui peresmian bengkel ini semoga dapat membawa dampat positif serta data mempercepat pengembangan ekosistem KBLBB demi kualitas udara yang lebih baik. Dikatakan Yudo dalam sambutannya bahwa peresmian ini merupakan wujud nyata bagian dari kelengkapan infrastruktur untuk percepatan program konversi motor listrik.

“Untuk menciptakan ekosistem KBLBB di Indonesia, maka diperlukan kesiapan infrastruktur yang mendukung percepatan konversi motor BBM menjadi motor listrik. Salah satu bentuk wujud nyata dalam pembangunan infrastruktur. Melalui penyiapan Laboratorium Pengujian Motor Listrik, serta Bengkel Konversi Tipe A,” kata Yudo.

Setiap kendaraan bermotor roda dua dengan penggerak motor bakar (dengan BBM) yang telah dilakukan cek fisik dan keabsahan STNK. Dapat dikonversi menjadi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Kendaraan yang telah dikonversi dan akan dioperasikan di jalan harus memiliki persyaratan teknis serta laik jalan. Dalam rangka memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan tersebut, diperlukan uji tipe terhadap fisik kendaraan bermotor, sistem kelistrikan dan sistem keselamatan pada motor listrik.

Baca Juga: Program Pengelolaan Energi PT Astra Honda Motor Raih Peringkat Kedua PSBE 2023

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here