MV Agusta Enduro Veloce, Model Petualang Penerus Cagiva

0
MV Agusta Enduro Veloce, Model Petualang Penerus Dari Legen Cagiva
MV Agusta Enduro Veloce, Model Petualang Penerus Dari Legen Cagiva. Foto MV Agusta

NaikMotor – MV Agusta Italia kenalkan sepeda motor petualang terbarunya Enduro Veloce, sekaligus melanjutkan model legen dari Cagiva, LXP ORIOLI.

Enduro Veloce menjadi titik awal bangkitnya kembali merek tersohor MV Agusta yang mengingatkan kita Paris Dakar pada masanya. Selain itu, model ini merupakan mesin ketiga yang diberi nama Veloce, setelah Turismo Veloce dan Super Veloce.

Sedikit bercerita “Lucky Explorer Project (LXP) Orioli” pertama kali diperkenalkan pada EICMA 2023 dan menjadi topik hangat dunia roda dua. Dinamai Edi Orioli, pembalap terkenal yang memenangkan Reli Paris-Dakar sebanyak empat kali. Ini terinspirasi dari sepeda motor petualang Orioli yang telah memenangkan dua dari empat kejuaraannya bersama Cagiva Elephant.

Penggemar sepeda motor lama mungkin sudah mengetahui hubungan antara MV Agusta dan Cagiva. Namun pendatang baru mungkin belum paham apakah kesuksesan Cagiva di masa lalu akan menjadi nama model baru MV Agusta.

Pendahulu MV Agusta adalah Agusta, produsen pesawat terbang yang didirikan pada tahun 1907 di Verghera, Italia oleh Count Giovanni Agusta. Perusahaan ini memproduksi dan memelihara pesawat selama Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Tetapi ketika perang berakhir, Italia, bersama Jerman dan Jepang, dilarang memproduksi pesawat oleh Sekutu.

Oleh karena itu, Agusta berganti nama menjadi MV Agusta dan mulai memproduksi sepeda motor. “MV” dalam nama perusahaan merupakan singkatan dari “Meccanica Verghera.” Saat itu, Giovanni sudah meninggal dunia, dan putra sulungnya, Domenico, memimpin MV Agusta.

Baca Juga: MV Agusta Hidupkan Lagi Cagiva Elefant, Adventure Popular di Masanya

MV Agusta Enduro Veloce, Model Petualang Penerus Dari Legen Cagiva

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here